Saturday 4 May 2013

Manajemen Pemasaran hubungan Segmentasi pasar, target, dan posisi pasar.


SEMENTASI PASAR

Pasar yang luas atau cukup luas berupa orang-orang atau organisasi tertentu saja akan memiliki kondisi yang sangat beraneka ragam atau heterogen. Untuk itu, perlu dipisah-pisahkan menjadi kelompok-kelompok yang memiliki sifat atau kondisi yang sama atau sejenis (homogen) membentuk segmentasi pasar. Jadi, segmentasi pasar adalah merupakan usaha untuk mengelompokan-kelompokan pasar dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat homogen.
Menurut Kotler, segmentasi pasar, yaitu usaha pemisahan pasar pada kelompok-kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan yang memerlukan bauran pemasaran tersendiri. Perusahaan menetapkan berbagai cara yang berbeda dalam memisahkan pasar tersebut, kemudian mengembangkan profil-profil yang ada pada setiap segmen pasar, dan menilai daya tarik masing-masing segmen-segmen pasar. Tidak ada cara khusus untuk menyusun segmentasi pasar. Seorang pemasaran harus mencoba variable-variabel segmentasi pasar yang berbeda, sendiri-sendiri dan secara kombinasi, dengan harapan menemukan suatu cara yang berguna untuk melihat struktur pasar.

Syarat-syarat segmentasi pasar yang efektif  menurut William J Stanton, antara lain:
-    Dapat diukur (measurable), artinya karakteristik yang dipergunakan untuk mengkategorikan konsumen harus dapat dikualifikasi
-    Mudah diperoleh atau dicapai (accessible), artinya perusahaan harus dapat menembus dan mengoordinasikan pada segmen tertentu.
-    Cukup besar dan menguntungkan (large enough), artinya setiap segmen yang hendak ditembus atau dicapai harus cukup luas dan benar-benar menguntungkan
-    Dapat dilaksanakan (actionable), artinya pasar sasaran  atau target pasar dan segmen pasar yang dapat dicapai atau ditembus tersebut harus mampu diimplementasikan oleh perusahaan sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki.

Berikut ini beberapa sementasi pasar berdasarkan geografi, demografi, psikografi dan behavioristik :

1.      Segmentasi pasar geografi
Segmentasi pasar berdasarkan geografi perlu membagi pasar ke dalam unit-unit geografi yang berbeda seperti negara, negara bagian, provinsi, wilayah, daerah, kota dan desa. Perusahaan bisa memutuskan untuk:
-          Beroperasi di dalam suatu atau beberapa wilayah geografis
-          Beroperasi dalam semua wilayah tetapi memperhatikan variabel variasi kebutuhan dan pilihan geografis tersebut.

2.      Segmentasi pasar demografi
Segmentasi demografi merupakan pembagian pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variable-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, jumlah penduduk, jumlah keluarga, pendapatan, pekerjaan, jenjang pendidikan, kewarganegaraan. Variable demografi merupakan dasar yang paling popular untuk  membedakan kelompok-kelompok konsumen. Satu alasan bahwa tingkat keinginan dan pilihan sering kali dikaitkan dengan variable-variabeldemografi. Alas an lain adalah bahwa variable-variabel demografi lebih mudah untuk mengukur daripada ke banyak variable lain.

3.      Segmentasi pasar psikografi
Dalam segmentasi psikografi, para pembeli dibagi ke dalam kelompok yang berbeda-beda berdasarkan kelas social, gaya hidup, dan ciri-ciri kepribadian. Orang-orang di dalam kelompok demografi yang sama dapat memperlihatkan profil psikografis yang sangat berbeda.

4.      Segmentasi pasar behavioristik
Dalam segmentasi behavioristik (prilaku) para konsumen dibagi kedalam kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau tanggapan mereka terhadap sebuah produk. Banyak pemasar yang berpendapat bahwa variable behavioristik merupakan titik awal terbaik untuk segmen-segmen pasar. Para pembeli dibedakan menurut kesempatan ketika mereka memperoleh gagasan membeli atau memakai produk. Segmentasi kesempatan dapat membantu perusahaan menambah penggunaan produk. Selain itu konsumen juga melihat manfaat yang mereka cari dari produk tersebut.
TARGET PASAR

Pemilihan pasar sasaran atau target pasar akan menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya perusahaan diarahkan untuk program pemasaran setelah melakukan segmentasi pasar, pemasar dapat memilih target pasar yang sesuai dengan tahap segmentasi tersebut. Pemasar dapat memilih salah satu dari tiga pendekatan dalam menentukan pasar sasaran, yaitu : pemasaran yang sama ( undifferentiated marketing), pemasaran serba aneka ( differentiated marketing ), dan pemasaran terpusat ( concentrated marketing).
Perbedaan ketiga strategi penentuan target pasar
Faktor-faktor strategis
Pemasaran yang sama (undifferentiated marketing)
Pemasaran serba aneka (differentiated marketing )
Pemasaran terpusat (concentrated marketing).

Target pasar
Rentang kosumen yang luas
Dua atau kelompok konsumen yang berbeda
Satu kelompok konsumen yang didefinisikan dengan jelas
Produk
Jumlah merek yang beredar di pasar terbatas (satu merek) untuk seluruh tipe konsumen
Membuat merek yang berbeda untuk masing-masing kelompok konsumen
Satu merek khusus dibuat untuk kelompok konsumen yang telah didefinisikan
Distribusi
Seluruh outlet bisa digunakan
Seluruh outlet yang pantas
Seluruh outlet yang layak
Promosi
Media massa
Seluruh media yang pantas dengan karakteristik konsumen yang khusus
Seluruh media massa
Harga
Satu rentang harga
Membedakan harga untuk masing-masing kelompok konsumen
Satu harga khusus yang ditungjukan pada kelompok konsumen khusus
Penekanan strategi
Menarik jumlah konsumen yang besar dengan program pemasaran yang seragam
Menarik dua atau lebih kelompok konsumen dengan program pemasaran yang berbeda-beda untuk setiap segmen
Menarik kelompok konsumen yang khusus dengan program pemasaran yang khusus tapi seragam
Sumber : Adaptasi dari J.R.Evan & Barry Berman (1997) oleh Sustina, 2001
POSISI PASAR

Jika sebuah perusahaan sudah memutuskan untuk memasuki sebuah segmen, perusahaan tersebut harus menentukan bagaimana memasukinya. Jika segmen itu sudah mapan, para pesaing tentu sudah beroperasi dalam segmen yang sama. Atau bisa dikatakan pesaing telah mengambil posisi dalam segmen ini. Maka, perusahaan tersebut harus mengidentifikasi posisi para pesaing yang ada sebelum menentukan penempatan atau posisinya sendiri. Dengan mengetahui para pesaing, posisi yang bagaimanakah yang harus dicari perusahaan itu? Ada dua pilihan (menurut kotler 1992), yaitu:

1.Pilihan pertama
Menempatkan diri di sebelah salah satu dari para pesaing yang ada dan  berjuang untuk mendapatkan bagian pasar.
Pimpinan bisa melakukan ini jika merasa bahwa:
a.       Perusahaan itu bisa membuat produk yang unggul
b.      Pasar yang cukup luas untuk dua pesaing
c.       Perusahaan itu mempunyai sumber daya yang banyak daripada pesaingnya
d.      Posisi ini paling cocok dengan kekuatan usaha perusahaan
2.      Pilihan kedua
Mengembangkan suatu produk yang sekarangini belum pernah ditawarkan pada pasar tersebut. Perusahaan ini akan akan menjaring konsumen-konsumen yang mencari jenis produk yang unggul, karena pesaing tidak menawarkannya. Tetapi sebelum membuat keputusan ini, manajemen harus yakin bahwa:
a.       Secara teknis dapat dibuat produk dengan cepat
b.      Secara ekonomis dapat dibuat sebuah produk unggul pada tingkat harga yang terencanakan
c.       Jumlah konsumen yang lebih suka produk unggul yang memadai

Sekali manajemen memutuskan strategi posisi pasarnya, maka manajemen bisa mulai menyusun bauran pemasarannya secara terperinci. Jika perusahaan memutuskan untuk mengambil posisi dengan harga tinggi atau kualitas tinggi dalam segmen pasar yang telah dipilih, maka perusahaan harus mengembangkan bentuk dan kualitas unggul, mencari pengecer-pengecer dengan reputasi yang sangat bagus untuk memberi pelayanan dan pengembangan iklan yang menarik konsumen-kosumen kaya, membatasi promosi penjualan dengan penyajian penuh cita rasa dan sebagainya. Keputusan mendasar perusahaan terhadap segmen pasar yang ditargetkan menentukan para pesaingnya. Perusahaan kemudian membuat keputusan mengenai posisi pesaingnya. Pada gilirannya keputusan ini memungkinkan untuk merencanakan perincian tentang bauran pemasaran.

No comments: